SALING MENCURIGAI PICU PECAH-BELAH KELOMPOK DI MASYARAKAT

Gambar

Kehidupan kelompok masyarakat di desa, khususnya masyarakat di pedesaan Leran Manyar Gresik hingga kini dinilai masih didera saling mencurigai, terutama di kalangan Pemuda dan orang Tua. Padahal, hal itu akan menjadi sasaran empuk bagi kelompok kepentingan politik yang berupaya ingin memecah-belah kekompakan kelompok yang selama ini telah terbangun dengan sempurna.
Saat ini tidak bisa dipungkiri bahwa sedikit curiga- mencurigai masih ada. Karena itu hal tersebut harus dihilangkan, mengingat pesta demokrasi akan kita gelar bersama pada hari Rabu, 13 Maret 2013 nanti.
Saat ini kelompok kepentingan politik tengah berupaya ingin mencampurkan antara kehidupan politik dengan agama. Mereka menginginkan agar kerukunan yang telah tercipta menjadi kacau dan mencurigai antara tetangga satu dengan yang lainya.
Penulis hanyalah bisa berharap agar untuk bisa meningkatkan kewaspadaan terhadap munculnya gerakan politik berbasis agama yang berhaluan transdesa.
Gerakan transdesa ini akan menjadi eksesif (berdampak buruk pada banyak hal-Red), tidak hanya pada gerakan transdesa itu sendiri, tetapi juga ekonomi, budaya, sosial, dan sebagainya, termasuk politik demokrasi yang sedang kita bangun , yakni terganggunya hubungan antar-warga.
Dijelaskannya, gerakan transdesa itu kerap kali berupaya mengganggu kedaulatan masyarakat bersangkutan.
Disisi lain, kemunculan gerakan politik transdesa itu justru berperan menjadikan agama potensi konflik, bukannya agama menjadi potensi untuk membangun politik kebangsaan, politik keumatan.
Menurut hemat penulis, jika gerakan transdesa tak bisa dicegah, maka hal tersebut tidak hanya akan mengganggu kedaulatan masyarakat kita, tetapi juga mengganggu hubungan antar-keluarga.
Karena itu, perlu adanya sinergisitas antara visi keagamaan dengan kepentingan politik di pemerintahan desa.
semoga kita bisa memilih dan memilah keadaan demi terciptanya masyarakat yang aman kondusif dan sejatera walau pesta demokrasi sedang berjalan dengin persaingan yang ketat.

salam bravo……..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s