Kartini yang Terlupakan…..

Perempuan adalah permata kehidupan. Dalam setiap lekuk tubuhnya, Tuhan menganugerahkan permata yang indah dan menawan. Menjadi perempuan merupakan suatu anugerah yang mampu memberi kelengkapan pada keseimbangan kehidupan. Dibalik sifat kelembutan dan kesabarannya, perempuan memiliki kekuatan, ketegaran, dan naluri kasih sayang yang alami. Hati perempuan mampu melakukan sesuatu dan menggerakan dunia untuk dapat mengisi hidup menjadi lebih bermakna.
Sebuah hadist menyatakan :

الْمَرْأَةُ عِمَادُ الْبِلاَدِ إِذَا صَلُحَتْ صَلُحَتِ الْبِلاَدُ وَإِذَا فَسَدَتْ فَسَدَتِ الْبِلاَدُ
Yang artinya : “Wanita adalah tiang suatu Negara. Apabila wanitanya baik, maka Negara akan baik. Dan apabila wanitanya rusak, maka negarapun akan rusak.”
Hadist tersebut mengandung makna bahwa hancur atau majunya suatu Negara tergantung bagaimana kondisi perempuan yang ada di dalamnya. Dan banyak orang bijak juga mengaitkan keberhasilan para tokoh dan pemimpin dengan peran dan bantuan kaum perempuan “Dibalik keberhasilan seorang lelaki ada perempuan hebat di belakangnya”.
Banyak tokoh-tokoh sukses di dunia yang memiliki sosok perempuan hebat yang selalu setia mendorongnya menggapai kesuksesan. Seperti halnya Ida Ayu Nyoman Rai, ibunda dari Bung Karno. Beliau adalah sosok perempuan yang penuh teladan. Dengan penuh kasih sayang, Ida Ayu Nyoman Rai setia mendidik Soekarno meskipun buta huruf latin tetapi kaya dengan filosofi Hindu. Beliaulah yang senantiasa menuntun Soekarno kecil menuju jalan yang benar hingga menjadikannya seorang Pahlawan Revolusioner yang sangat berjasa bagi Indonesia.
Berbeda dengan Sang Pahlawan Kemerdekaan Nasional yang mengusung Emansipasi Wanita, yang sering kita panggil R.A. Kartini. Beliau begitu berjasa dalam memperjuangkan kaum perempuan sehingga berhasil menampakkan kaum perempuan ditempat yang layak, yang mengangkat derajat perempuan dari tempat gelap ketempat yang terang benderang, yang menjadikannya sosok wanita yang begitu dihormati dan dipuji oleh seluruh warga Indonesia. Terlebih setelah Presiden Soekarno mengeluarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No.108 Tahun 1964, tanggal 2 Mei 1964, yang menetapkan Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional sekaligus menetapkan tanggal 21 April merupakan tanggal dimana memperingati Hari Kartini. Ida Ayu Nyoman Rai hanyalah satu dari sekian banyak perempuan hebat di dunia yang penuh teladan dan berjasa yang justru kisahnya tak banyak diketahui banyak orang.
Banyak sosok-sosok perempuan hebat Indonesia yang tak diketahui oleh banyak orang. Padahal mereka banyak berjasa bagi kemajuan bangsa. Seperti Butet Manurung. Ia adalah sosok perempuan yang memilih mengabdikan hidupnya di hutan, untuk memberikan pendidikan bagi Orang Rimba. Butet Manurung yang bernama asli Saur Marlina Manurung, berhasil membuat SOKOLA dan menemukan metode baca hitung, yaitu sebuah pendidikan alternatif yang ia temukan saat ia menjadi fasilitator pendidikan di Rimba Bukit Duabelas, Jambi. Walaupun Butet mengalami banyak rintangan, seperti: penolakan dari masyarakat asli, ancaman dari para pembalak kayu, dan binatang buas di hutan, namun Butet bergeming. Kini SOKOLA dan metode baca tulisnya diadopsi di Makasar, Aceh, Flores, Kajang (Sulawesi Selatan), Halmahera, Pulau Komodo dan Papua. Sudah ada 21 sekolah di seluruh Indonesia dan telah memberi manfaat kepada lebih dari 10.000 orang.
Begitu banyak jasa-jasa dari para perempuan hebat Indonesia yang tak banyak tersorot media, yang seharusnya mendapatkan penghargaan dari pemerintah atas segala bentuk perjuangannya. Oleh karena itu, dalam memperingati Hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April 2013, marilah kita lebih mencintai dan menghormati Ibu kita sebagai salah satu sosok Kartini masa kini.
Selamat Hari Kartini bagi Seluruh Perempuan Indonesia !

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s