Kopi…, Bisa Picu Gangguan Jiwa ?

Meski kopi bermanfaat menurunkan risiko kanker, kafein yang terkandung berisiko menyebabkan gangguan jiwa.

Selama ini kopi diyakini memiliki manfaat ekstra bagi kesehatan. Beberapa penelitian menyebutkan kandungan kafein yang terdapat dalam kopi mampu meningkatkan kinerja sistem saraf pusat sehingga membuat seseorang terjaga dan lebih energetik.

Yang tak kalah penting adalah kopi mampu menurunkan risiko penyakit kanker, tapi tentunya dengan dosis yang tidak berlebihan. Pasalnya, terlalu banyak mengkonsumsi kafein juga berbahaya bagi kesehatan dan menyebabkan kematian.

Tak hanya itu, ternyata mengkonsumsi kopi dalam dosis yang tinggi juga bisa menyebabkan gangguan mental, seperti yang dirilis dalam edisi terbaru Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM-V). Edisi revisinya itu menyebutkan gangguan mental bisa disebabkan oleh keracunan kafein atau caffeine intoxication.

Adapun beberapa gejala atau tanda mereka yang mengalaminya adalah gelisah, gugup, terlalu gembira, wajah memerah, mengalami gangguan pencernaan, otot berkedut, bicara bertele-tele, kesulitan tidur, serta denyut jantung cepat dan tidak teratur.

“Gejala-gejala withdrawal akibat kafein bersifat sementara. Ini hanya respons alami untuk menghentikan kafein, dan akan hilang sendiri dalam waktu singkat,” kata Robin Rosenberg, psikolog klinis yang juga penulis buku bertajuk Abnormal Psychology, seperti dilansir CBSNews.

Rosenberg menambahkan, gejala-gejala withdrawal itu sebenarnya bukan hal baru, seperti sakit kepala, kelelahan, sulit berkonsentrasi, perasaan depresi, dan masalah lainnya. Mengingat selama ini kafein sering digunakan sebagai tambahan pada beberapa obat yang dapat menimbulkan ketergantungan, cukup mengherankan jika tiba-tiba keracunan kafein dimasukkan dalam salah satu penyebab gangguan mental.

Namun semua itu dijawab oleh Alan Budney, psikolog klinis dan profesor psikiatri di University of Arkansas, yang ikut bertugas membahas dan menyusun DSM-V.
“Jumlah pemakaian kafein di masyarakat terus meningkat pesat. Jadi ada perhatian yang cukup untuk mempertimbangkan topik ini dengan serius, meskipun itu mungkin salah satu isu yang lebih kontroversial yang dihadapi oleh kelompok kerja kami,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s