Antara Letusan Gunung Kelud dan Kelahiran Pemimpin Baru di bumi Pertiwi

Gunung Kelud meletus pada Kamis (13/2) malam. Gunung yang berlokasi di tiga kabupaten di Jawa Timur itu pun menunjukkan keperkasaannya dengan memuntahkan lahar panas dan abu vulkanik. Sejarah mencatat aktivitas Gunung Kelud nyaris bersamaan dengan kelahiran pemimpin baru. Benarkah demikian?

Gunung aktif di Pulau Jawa itu dinaikkan statusnya dari Waspada, Siaga, hingga Awas. Warga sekitar gunung pun dievakuasi untuk menghindari dampak letusan gunung yang lebih parah.

Kelud menggeliat sejak abad 15. Menurut sejarah kerajaan Jawa, letusan Kelud saat itu nyaris bersamaan dengan kelahiran Raja ke-4 Majapahit, Hayam Wuruk. Tanda lainnya adalah gempa bumi di Panbanyu. Pada usia 1 tahun, Hayam Wuruk pun menjadi Raja Majapahit menggantikan ibunya, Tribuwana Wijaya Tunggadewi.

Semasa pemerintahannya, Majapahit mengembangkan wilayah kekuasaan hingga seluruh Nusantara. Dibantu Patih Gajah Mada, Hayam Wuruk menaklukkan sejumlah wilayah mulai dari Jambi, Kalimantan, Brunei, Sulawesi, Nusa Tenggara, Bali, Papua, hingga Filipina.

Begitu pula dengan Presiden pertama RI Soekarno. Pria yang dijuluki Putra Sang Fajar itu lahir pada 6 Juni 1901. Ternyata dua pekan sebelumnya, Gunung Kelud meletus.

Nah, bagaimana dengan letusan Gunung Kelud kali ini? Apakah letusan Kelud kali ini menandakan kelahiran sesosok pemimpin adil dan memberikan kesejahteraan pada masyarakatnya? Kita tunggu saja…

Sumber : http://m.metrotvnews.com/read/news/2014/02/15/216242/Antara-Letusan-Gunung-Kelud-dan-Kelahiran-Pemimpin-Baru?utm_source=micom&utm_medium=twitter

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s